Kamis, 10 November 2011

Bukan pahlawan tanpa tanda jasa

BUKAN PAHLAWAN TANPA TANDA JASA
Perjuangan spertinya kata yang tidak pernah lepas dari keseharian para pejuang yang katanya tanpa tanda jasa ini. Guru terus dan terus selalu dituntut berjuang mengembangkan kurikulum yang mungkin saja belum berkembang, untuk satu tahun, satu smester dan setiap harinya guru dituntut berjuang untuk mengembangkan prangkat pembelajaran bahkan ketika dikelaspun guru terus berjuang keras .

Entah mungkin karena kata pahlawan yang sudah terlanjur melekat pada guru yang menyebabkan guru juga harus berjuang meski hanya sekedar menuntut hak-haknya.

Dia adalah seorang guru yang merangkap sebagai ibu rUmah tangga harus berjuang keras ketika ingin naik pangkat sekaligus penyesuaian ijazah, perjuangan diawali dengan kekediaman kepala sekolah yang berjarak 15 km, ko kekediaman kepala sekolah ini mungkin pertanyaan pembaca, mungkin saja kalau kepala sekolahnya jarang masuk kesekolah. Perjuangan dilanjutkan kekediaman pengawas sekolah yang berjarak 20 km hanya sekedar minta S3, ini juga harusnya tidak ada andaikan pengawas sekolah selalu aktif melakuan kunjungan kesekolah-sekolah. Perjuangan kembali dilanjutkan ke kantor UPTD yang berjarak 17km untuk minta rekomendasi UPT yang menjadi persyaratan bagi guru yang ingin usul dupak. (catatan: setiap kunjuangan selau angpau)

Perjuangan belum berakhir karena ini hanya permulaan dari perjuangan guru yang hanya ingin mendapatkan haknya, perjuangan selanjutnya menyerahkan berkas usul dupak ke kasubak kepegawaian diknas yang berjarak 40km sangat berat memang bagi seorang perempuan, dilanjutkan dengan usul pangkat ke BKD disini kembali dihadapkan dengan birokrasi yang super rumit berbelit-belit, penyesuaian ijazah yang dulu bisa dengan ijin belajar sekarang harus diwajibkan ujian dinas penyesuaian ijazah yang memberatkan guru harus membayar 300rb untuk boleh ikut dan tempat tes dibanjarbaru juaga merupakan perjuangan yang sangat berat bagi ibu-ibu yang jauh dari suami, perjuangan belum berakhir Sampai disini,..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar